Maknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115, Kapolda Kepri Gelar Upacara Bendera

 

 

LiputanWarta.Com, Batam – Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun 2023 dimaknai polisi dengan upacara bendera, di Mapolda Kepri, Senin (22/5/2023).

Kapolda Kepri Irjen Pol Tabana Bangun, bertindak sebagai inspektur upacara.

Makna Hari Kebangkitan Nasional adalah bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan dan kesatuan yang menjadi landasan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada kesempatan itu, Kapolda Kepri membacakan amanat Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

“115 tahun lalu, para persatuan Indonesia sudah menyala, hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan, menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo 20 Mei 1908,” sebut Tabana dalam pembacaan amanat Menkominfo.

Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

Dr. Soetomo dan sejumlah mahasiswa School Tot Opleiding Van Indische Artsen (Stovia), Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong Bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain dimasa itu.

Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, diantaranya, Memerdekakan cita-cita kemanusiaan, Memajukan Nusa dan Bangsa, dan Mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan.

“Pada masa ini, saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia emas 2045,” ujar Kapolda.

Momentum ini dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Sektor Swasta, Akademisi, Pers, Komunitas, dan seluruh elemen bangsa.

Baca Juga :  Sekda Batam Ajak BKMT Sekupang Jaga Batam Tetap Aman

“Mari saling bahu-membahu, berkolaborasi menerapkan nilai- nilai persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,” ajaknya.

Dengan semangat yang sama pula, pihaknya mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

“Kita ingin bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini, dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak,” ujar Kapolda dalam pembacaan amanat dari Plt.Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

Selamat memaknai dan memperingati hari kebangkitan nasional ke-115 bagi bangsa Indonesia.

” Ayo tetap berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit,” tutup Kapolda Kepri. (*/red)