Calon Jemaah Haji Kabupaten Bintan Ikuti Sosialisasi Istitaah Kesehatan Haji 1445 H

 

Liputan Warta. Com, Bintan – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan menggelar kegiatan sosialisasi pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji dan istitaah kesehatan haji 1445 H.

Kegiatan dilaksanakan selama satu hari di aula Kantor Kemenag Bintan, Kamis, 21 Desember 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasubbag Tata Usaha Kemenag Bintan, H. Syahjohan mewakili kepala, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kabag Kesra Pemkab Bintan, Subkoordinator Survelans dan Imuniasi, Sub Koordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Keseharan Jiwa, dan calon jemaah haji Kabupaten Bintan tahun 1445 H.

Mewakili kepala, Kepala Subbag Tata Usaha Kantor Kemenag Bintan, H. Syahjohan mengatakan Kementerian Agama berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan jemaah haji.

Error: Contact form not found.

Kegiatan yang diselenggarakan tersebut merupakan kolaborasi antara Kemenag Bintan dengan Dinas Kesehatan Bintan dalam rangka memberikan layanan istitaah kesehatan kepada calon jemaah haji yang akan diberangkatkan pada tahun depan.

Syahjohan mengatakan setelah dilakukan sosialisasi, diharapkan calon jemaah haji memperoleh pengetahuan tentang bagaimana menjaga kesehatan jelang pemberangkatan dan memitigasi risiko kesehatan bagi calon jemaah haji jika memiliki gangguan kesehatan.

“Dengan demikian kami berharap calon jemaah haji dapat menjaga kesehatannya sehingga dalam pelaksanaan ibadah nanti semakin mandiri. Kesehatan merupakan faktor penting dalam seluruh rangkaian ibadah haji,” ujarnya.

Menurutnya jika kesehatan calon jemaah haji dapat dijaga, maka akan memudahkan proses perjalanan ibadah dan membantu tugas petugas kesehatan nantinya yang jumlahnya sangat terbatas.

“Dengan kondisi kesehatan yang prima dan terkontrol, kita berharap seluruh calon jemaah haji Kabupaten Bintan dapat melaksanakan ibadah haji pada 1445 H seluruhnya,” harapnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkab Bintan, H. Nasrullah dalam sambutannya mengatakan sebagaimana pada tahun sebelumnya Pemkab Bintan akan mengirimkan satu orang Petugas Haji Daerah (PHD) yang akan mendampingi jemaah. Dia berharap PHD yang dikirim tersebut akan membantu tugas-tugas petugas kloter yang membersamai jemaah haji.

Baca Juga :  Pendataan Kembali Lahan Masyarakat Bintan Di Wilayah Hutan

Dia berpesan agar calon jemaah haji Kabupaten Bintan dapat mengikuti seluruh rangkaian sosialisasasi dan manasik haji yang diselenggarakan oleh berbagai stakeholder perhajian.

“Pada penyelenggaraan ibadah haji 1445 H, Pemkab Bintan akan memberikan uang saku kepada calon jemaah haji Kabupaten Bintan untuk membantu jemaah,” ucapnya.

Di lokasi yang sama Subkoordinator Survelans dan Imuniasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, Suhandi mengatakan pihaknya ingin memastikan seluruh calon jemaah haji Kabupaten Bintan memenuhi syarat istitaah kesehatan. Dia ingin memastikan seluruh jemaah sudah mendapatkan berbagai vaksinasi dan imunisasi yang dipersyaratkan.

“Kita mengantisipasi berbagai kemungkinan kondisi yang cepat berubah. Termasuk kita mengantisipasi merebaknya lagi Covid 19. Saya minta jemaah tetap menjaga kondisi kesehatan, rutin memeriksakan kondisi kesehatannya kepada petugas dan menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan,” pintanya.

Suhandi mengatakan untuk memastikan kesehatan calon jemaah haji, Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan akan melengkapi pemeriksaan kesehatan jemaah dengan pemeriksaan kesehatan jiwa.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Bintan, H. Muhammad Ridwan kepada media ini mengatakan sebanyak 70 calon jemaah haji Kabupaten Bintan hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Tujuannya untuk memberikan edukasi dan informasi tentang tahapan pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji.

“Hal ini dilakukan agar jemaah lebih siap baik secara fisik dan mental, sehingga pada tahapannya seluruh calon jemaah haji bisa melaluinya dengan baik, dalam kondisi sehat wal afiat untuk melaksanakan ibadah haji 1445 H,” pungkasnya. (red)