foto bersama saat kegiatan pelatihan kewirausahaan yang diikuti oleh 30 wirausaha
Pelatihan Kewirausahaan yang Dibuat Pemko Ikut 30 IKM di Tanjungpinang

Pelatihan Kewirausahaan yang Dibuat Pemko Ikut 30 IKM di Tanjungpinang

Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) melaksanakan kegiatan pelatihan kewirausahaan yang diikuti oleh 30 wirausaha yang ada di Tanjungpinang.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma turut hadir dan membuka kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Hotel Pelangi, Kamis (10/3/2022).

Pelatihan yang diadakan mulai 10 sampai 12 Maret 2022 tersebut, menghadirkan narasumber dari LP2UMKM Provinsi Riau, Yurizal M.

Rahma mengatakan, Tanjungpinang dengan letak geografisnya yang strategis dengan negara-negara tetangga mempunyai nilai jual dan nilai tambah yang memiliki potensi untuk terus digali.

“Dengan letak yang strategis ini tentunya menjadi suatu kelebihan yang berpeluang untuk dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian, khususnya yang berbasis kerakyatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rahma mengatakan, Tanjungpinang juga merupakan salah satu tujuan wisata di Kepulauan Riau (Kepri) dengan segala kekayaan ragam kuliner dan aneka kerajinan cenderamata.

“Hal ini juga menjadi peluang bagi kita untuk memanfaatkan beragam potensi yang ada menjadi lumbung pergerakan ekonomi masyarakat lokal. Dengan kegiatan pelatihan kewirausahaan ini tentu memiliki makna yang sangat penting mendorong mindset atau pola pikir kita menjadi berwawasan maju,” lanjutnya.

Terakhir, Rahma berharap kepada peserta yang akan mengikuti pelatihan selama tiga hari ke depan untuk dapat memanfaatkan dengan baik.

“Manfaatkan kesempatan ini dengan maksimal untuk menggali ilmu dari narasumber dan hasil dari pelatihan ini membawa pola pikir yang lebih segar, lebih bersemangat, lebih terbuka dan memiliki keinginan untuk berdaya saing agar lebih giat berusaha, ” tutupnya.

Sementara itu, Plt Kepala Disperdagin Tanjungpinang, Samsudi menyampaikan bahwa pelatihan kewirausahaan ini diikuti dari berbagai sektor usaha, seperti makanan, minuman, maupun kerajinan yang berminat untuk mengembangkan usahanya.

Baca Juga :  Penerima Penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik ‘Sangat Baik’ di Lingkup Pemda Tahun 2021, Pemprov Kepri

“Sasaran dari pelatihan ini adalah untuk memberikan informasi kepada IKM (Industri Kecil Menengah) tentang kewirausahaan, memberikan informasi dan pentingnya penerapan etika-etika dalam pelaksanaan kegiatan kewirausahaan dan dapat bersikap profesional, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan IKM. Dengan demikian diharapkan akan terjadi perubahan pemikiran yang lebih kreatif untuk terus melakukan terobosan-terobosan baru,” jelasnya.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Tanjungpinang, Nasrul mengapresiasi apa yang dilakukan Disperdagin melalui Ketua Bidang Industri, Sarifah Zairina.

“Kita sangat mendukung pelatihan untuk IKM di Tanjungpinang ini. Kegiatan ini sangat tepat, apalagi daerah kita telah diterpa pandemi sampai saat ini, tidak mengurangi semangat para pelaku usaha,” ujarnya.

Ia berharap, seluruh peserta bisa merubah mainsetnya dan target lebih maju lagi usahanya.

“Mulai dari kemasan, pemasaran harus ada peningkatan, dan wajib untuk terus berinovasi dengan kreativitas,” harapnya.