gerai vaksinasi di natuna
Desa Teluk Buton Jadi Lokasi Sasaran Polres Natuna Adakan Gerai Vaksin Presisi Covid-19

Desa Teluk Buton Jadi Lokasi Sasaran Polres Natuna Adakan Gerai Vaksin Presisi Covid-19

Polres Natuna kembali melaksanakan Gerai Vaksin Presisi di ujung utara Indonesia, Kabupaten Natuna.

Tepatnya di Desa Teluk Buton, Kecamatan Bunguran Utara

Upaya ini dilakukan untuk mempercepat program vaksinasi Nasional yang dicanangkan Pemerintah serta mendukung percepatan penanganan pandemi Covid-19.

Kapolres Natuna AKBP Iwan Ariyandhy mengatakan, adapun sasaran vaksin tersebut adalah untuk masyarakat di semua dosis, baik dosis pertama, kedua maupun vaksin tahap 3 (booster).

Ia menjelaskan, kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan oleh Klinik Polres Natuna. Menurut Iwan adanya gerai vaksin tersebut merupakan langkah Polri mendukung program vaksinasi Covid-19 nasional untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity masyarakat.

“Vaksinasi dilakukan dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19, harapannya masyarakat sehat, ekonomi bangkit dan segera normal kembali, kami mohon dukungan dari masyarakat agar mendatangi gerai vaksin, agar seluruh masyarakat sehat dan mempunyai kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19,” kata Iwan.

Ia juga mengajak dan menghimbau agar seluruh masyarakat untuk datang ke gerai-gerai Vaksin yang telah disediakan oleh pemerintah. Baik untuk yang belum divaksin maupun yang lanjut vaksin Booster.

“Karena, vaksinasi Covid-19 merupakan usaha kita bersama untuk melindungi masyarakat dan juga mencegah serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Natuna,” sebutnya.

Polres Natuna turut mendukung upaya pemerintah untuk menciptakan herd imunity dengan gencar melaksanakan vaksinasi di sejumlah kantor dan tempat pelayanan masyarakat di Natuna.

Sedikitnya 6.550 dosis vaksin covid-19 yang terdiri dari vaksin pertama, kedua, dan Booster disiapkan bagi masyarakat di perbatasan ini.

Kapolres Natuna, AKBP Iwan Aryandhy mengatakan, dari jumlah dosis tersebut, hingga saat ini Polres Natuna telah menyuntikan 400 dosis lebih kepada masyarakat Natuna.

“Sasaran kita semua golongan, meskipun yang kita utamakan Lansia dan Booster. Alhamdulillah hingga saat ini sekitar 400 dosis sudah di suntikan,” kata Iwan saat meninjau jalannya vaksinasi Polres Natuna di Kantor DPRD Natuna, Jumat, (4/3/2022).

Baca Juga :  3 Pelaku Pencurian Kotak Amal Masjid, Diamankan Polsek Bunguran Timur Natuna

Menurutnya, vaksinasi di wilayah Kabupaten Natuna terus mengalami peningkatan. Dengan demikian kekebalan komunal bagi masyarakat akan lebih cepat terbentuk.

“Kami mengalami sedikit kendala, karena wilayah kita antar pulau. Mengingat kondisi cuaca kita saat ini terbilang cukup ekstrem, jadi agak terhambat proses pendistribusiannya, khususnya ke pulau-pulau,” ucap Iwan.

Kendati demikian Iwan optimis, pada akhir bulan Maret 2022, target vaksinasi Polres Natuna mencapai 100 persen.

“Target kita akhir bulan ini vaksinasi mencapai 100 persen, akan tetap kita genjot juga melalui Polsek jajaran,” tukasnya.

Pada kesempatan ini Kapolres Natuna tidak lupa mengajak masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan.

“Pandemi Covid-19 belum berakhir, saat ini sedang berkembang varian baru Omicron mari kita semua jaga wilayah kita dari penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Diketahui Gerai Vaksin Polres Natuna pada besok 25 Maret 2022 dipusatkan di Kantor Desa Telok Buton, Kecamatan Bunguran Utara, Kabupaten Natuna.