42
SMA Membuka PPDB Pada 28 Hingga 2 Juli

SMA Membuka PPDB Pada 28 Hingga 2 Juli

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Mengengah Pertama (SMA) tahun pelajaran 2021 mulai dibuka hari ini, 28 Juni dan akan berahir pada 2 Juli 2021 mendatang. Selanjutnya, pengumuman kelulusan dilaksanakan pada 5 Juli 2021.

“Hari ini mulai dibuka dan terakhir tanggal 2 Juli,” kata Panitia PPDB SMA 1 Siantan, Nuraini di SMAN 1 Siantan, Senin, 28 Juni 2021.

Nuraini mengatakan, setelah pengumuman penerimaan pada 5 Juli 2021, akan dilakukan pendaftaran ulang mulai 6 sampai 8 Juli 2021.

“Untuk kuota siswa yang diterima sebanyak 180, tetapi biasanya tidak pernah sampai segitu,” sebut Nuraini

Untuk mendaftar secara online bagi siswa yang masih belum faham, itu masih diajarkan, dan diharapkan semua siswa yang mendaftar secara online memiliki aplikasi ‘CS’ karena semua berkas itu harus di Scan

Bagi siswa atau orang tua siswa yang belum memahami tata cara pendaftyaran secara online, dapat menghubungi panitia, apakah datang langsung ke sekolah atau melalui whatsapp.

“Kita panitia ada juga yang stanbay di sekolah, tapi tidak setiap harinya, karenakan online kita ke sekolah sebentar saja jika masih ada siswa yang belum faham kita ajarkan dulu sampai bisa, saya berharap nanti untuk anak anak yang sudah faham tinggal mengajarkan ke teman-temannya yang belum bisa, bagi yang belum faham tanyakan lewat whatsaap juga bisa nanti saya ajarkan, kita kan tidak harus di sekolah aja di rumah pun juga bisa jika ingin bertanya,” terang Nuarani.

Nurani mengatakan, sebagian besar siswa dan orang tua siswa masih terkendala dengan tata cara pendafatran online. Itu karena mereka tidak memiliki Apk ‘CS’.

“Saya kira anak-anak ini lebih faham, ternyata hanya sebatas game saja. tapikan gak mungkin gak ngerti juga kan kita harus ngerti dan harus bisa, dikota udah jauh maju masak dikita masih ketinggalan, makanya kita tidak buka yang ofline, kalau tahun kemarin kita masih buka 2 jalur  yaitu ofline dan online, dan ternyata yang datang mendaftar itu semuanya ofline jadi kapan kita mau bisa,” ucapnya.

Baca Juga :  BLT DD Tahap IV Diterima 31 KPM Di Tarempa Selatan

“Saat kita tanyakan kepada siswa yang mau mendaftar apa kendalanya dia pun menjelaskan “Gak paham caranya, masih belum mengerti cara menggunakan aplikasi CS ini gimana,” sebut Alumni SMP Rintis itu.

Adapun persyaratan pendaftaran jalur zonasi SMA antara lain:

mengunggah ijazah / surat keterangan lulus yang dikeluarkan oleh sekolah asal, 2. mengunggah kartu keluarga (KK),
Foto 3 x 4
Akte Kelahiran
dan raport dari semester 1-5
Sedangkan untuk jalur perpindahan tugas orang tua antara lain:

Mengunggah ijazah/SKL
Mengunggah surat keterangan domosili
dan Mengunggah surat perpindahan tugas orang tua
Tata cara pendaftaran PPDB online

Melalui situs PPDB online dengan alamat https://provinsikepri.siap.ppdb.com
Melakukan “login” menggunakan akun 10 digit ( no induk siswa) dan “pasword” yang telah dibuat sebelumnya.
Memilih pilihan sekolah
Mengisi formulir pendaftaran online
Menyimpan / mencetak “tanda bukti pendaftaran online” yang membuat no pendaftaran